Jangan dibunuh!

Ini kejadian lucu yang sebagian orang mungkin menganggap cerita ini berlebihan. Tapi begitulah adanya. Suatu hari, Sabtu sore saya habis menggoreng sesuatu, karena esoknya hari Minggu, saya tidak langsung mencuci penggorengan tersebut. Pikir saya, besok aja deh, toh besok hari Minggu, bisa bangun agak siang.

Nah, besok paginya, saya ke dapur dan bersiap-siap untuk membuat sarapan. Saya bermaksud mencuci penggorengan dulu, tapi… ternyata ada seekor tikus di dalamnya. Tikus kecil, yang tampaknya baru tumbuh besar 🙂
Lama saya menatapnya, kami beradu pandang. Karena penggorengannya licin bekas minyak, si tikus tidak bisa lari, walaupun dia berusaha keras untuk melarikan diri. Alhasil, dia hanya bisa lari di tempat seperti manusia yang lari di threadmill. Kalau mau saya bisa membunuhnya dengan mudah, tapi saya tidak tega, apalagi melihat sinar matanya yang seperti memohon. Dia tetap lari di tempat dan tetap menatap saya, kelihatan amat lucu. Saya memanggil anak saya untuk menunjukkan pemandangan lucu ini.  Saya tidak berani memanggil suami, karena besar kemungkinan tikus ini pasti akan dibunuhnya (walaupun itu sangat masuk akal). Anak saya bergegas datang, dan begitu melihatnya, anak saya langsung bilang:
“Jangan dibunuh! Jangan dibunuh, Bu, please….”
“Lha, terus mau diapain? Mau dipelihara?,” kata saya sambil menahan geli, dan saya sendiri memang tidak yakin sanggup membunuhnya.
“Yaah, ngga gitu sih, Bu. Tapi kan kasihan.”
“Iya, tapi ini mau diapain?”
“Buang aja, Bu. Tapi Ibu ngga boleh membunuhnya!”
Saya setuju. Saya pun mengangkat penggorengan itu dan membawanya ke depan rumah. Sampai di depan, saya membalik penggorengan tersebut dan si tikus seketika lari menuju rerumputan di seberang jalan, tapi masih sempat menoleh saya, seakan-akan mengucapkan terima kasih, hehehe.
Selamat jalan, tikus kecil. Jangan balik-balik lagi ke rumah saya yaa 😀

Leave a Reply

