Mengajar guru-guru yang tidak muda lagi

Beberapa hari terakhir ini saya kebanjiran murid privat guru-guru SD yang hendak kursus komputer. Ternyata pemicunya adalah mereka akan  mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) Online. Sebagian besar diantara mereka adalah guru-guru senior yang bahkan sudah mendekati usia pensiun (rata-rata 4-5 tahun lagi akan pensiun). Bisa dibayangkan, mereka yang rata-rata tidak familiar dengan komputer tiba-tiba harus mengikuti ujian online (walaupun sebenarnya saat ujian nanti mereka kebanyakan main klik saja). Tapi, sekalipun hanya ngeklik, kalau mereka sama sekali tidak pernah pegang mouse atau keyboard, bisa dimaklumi kalau mereka cukup panik. Untuk itu saya harus mengerahkan seluruh kesabaran saya 😀

Seperti biasa, sebelum memulai selalu ada sesi bincang-bincang dulu, saya mengorek apa yang diinginkan mereka, dan apa kendalanya, dan apa yang membuat mereka paling panik. Setelah selesai, akhirnya saya bisa menyimpulkan apa yang dikehendaki mereka. Pertama, yang saya lakukan adalah menenangkan mereka dan mengatakan tidak usah panik. UKG online pasti bisa mereka lewati.  Tahap pelajaran pertama adalah pengenalan hardware, bagaimana cara memegang mouse, bagaimana cara menggunakan keyboard. Setelah penguasaan alat cukup memadai, saya memberi beberapa latihan soal online dan cara-cara menjawabnya.

Untuk keperluan ini, saya harus browsing mencari panduan pelaksanaan UKG Online sekaligus mencari materi untuk simulasinya. Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya menemukan simulasinya. Saya cocokkan dengan panduan UKG Online yang sebelumnya sudah saya dapatkan. Syukurlah, saya menemukan file simulasinya. Hal ini membuat murid-murid saya yang tidak muda lagi begitu sumringah. Setidaknya, mereka sudah ada bayangan kira-kira apa yang akan dihadapi nantinya pada saat hari H.

Leave a Reply

