Yoga (#3)

Hari Selasa, 4 Desember 2012, adalah hari pertemuan ketiga untuk kelas yoga yang saya ikuti. Tentu saja tetap menyenangkan. Disamping gerakan dasar, sang guru sudah mulai memberikan pose-pose yang lebih rumit (rumit untuk pemula tentu saja :D). Sebelum memberikan contoh untuk sebuah pose, sang guru selalu menyebutkan nama posenya terlebih dahulu, kemudian memberikan contoh, setelah itu kami disuruh melakukan gerakan tersebut. Hanya saja saya belum hapal dengan nama-nama tersebut. Lupa :-). Saya lebih fokus memperhatikan contoh pose tersebut dengan saksama. Tetapi yang jelas pose-pose tersebut termasuk kelompok Raja Yoga (semoga saya tidak  salah denger) :D.

Kelenturan tubuh saya sudah mulai ada sedikit kemajuan. Atau mungkin sang guru yang pintar mengarahkan. Ada satu pose yang sebelumnya tak pernah terbayang saya akan bisa melakukannya. Dalam melakukan setiap pose sang guru selalu memandu dan memberi instruksi secara perlahan-lahan bagian tubuh mana yang harus digerakkan, dengan hitungan tertentu plus musik pengiring nan lembut. Pada akhir hitungan, tak terasa jari-jari kaki kanan saya bisa menyentuh kening dengan posisi masih duduk. Begitu juga dengan kaki kiri, dilakukan bergantian dengan gerakan yang sama.

Menyenangkan. Setelah hampir dua jam dan setelah melakukan beberapa pose, sebelum sesi hari itu berakhir, kami diberikan sebuah gerakan seperti tarian. Lagi-lagi saya lupa namanya (minggu depan saya akan tanyakan 🙂 ), gerakan tarian ini dilakukan dalam posisi berdiri, telapak tangan dikatupkan, lengan meliuk-liuk, tubuh bergerak ke segala arah dengan tetap berada di posisi.  Cukup lincah dan ritmik tapi masih tetap dalam pakem yoga.  Perasaan terasa tenang dan gembira.

Sebelum berakhir, seperti biasa melakukan pendinginan terlebih dahulu dan pemijatan diri sendiri. Relaksasi. Tubuh pun segar kembali.

 

Leave a Reply

