Power yang tambah besar dan alergi yang hilang (Yoga #7 & #8)

yoga-poseManfaat senam yoga yang saya ikuti dengan teratur makin jelas terasa manfaatnya. Kebugaran tubuh meningkat, tenaga terasa lebih kuat, tidak cepat capek dan lebih gampang menguasai emosi.

Tentang power diri yang meningkat bisa saya rasakan perbedaannya dibandingkan sebelum ikut yoga. Kalau dulu setiap naik tangga menuju lantai 2 (sejumlah 16 anak tangga, dengan posisi yang agak curam), sampai di atas pasti napas agak memburu. Kalau sekarang tidak, bahkan hampir tidak merasa naik tangga. Napas tidak terpengaruh sama sekali.

Begitu juga kalau saya jalan kaki dari rumah menuju pura kecil di dekat jembatan di kompleks perumahan saya, yang berjarak kurang-lebih 150 meter. Dilihat dari jarak,  memang tidak terlalu jauh, tetapi posisi jalannya yang menanjak tinggi, itu yang menyebabkan agak capek dan napas sedikit tersengal-sengal. Sekarang tidak ada lagi istilah napas tersengal-sengal. *Senang*

Satu lagi yang sangat terasa adalah alergi dingin saya yang hampir hilang 100%. Beberapa tahun terakhir ini, saya sangat terganggu dengan beberapa bagian tubuh yang sangat sensitif kalau terkena angin, apalagi udara yang ber-AC.  Yang paling sensitif terutama tengkuk/leher, lengan bagian atas dan pergelangan kaki. Hal ini menyebabkan saya tidak pernah lepas dari syal atau pashmina. Tidak peduli pagi, siang, sore, malam syal harus selalu terlilit di leher. Tidak bisa mengenakan baju tanpa lengan, tidak kuat memakai celana pendek/rok pendek yang memperlihatkan pergelangan kaki. Tidak tahan tanpa alas kaki.

Kalau saya mencoba membiarkan bagian-bagian tubuh itu terbuka, seketika saya merasakan ada angin dingin yang menusuk dan menjalar naik sampai ke tenggorokan dan seketika itu pula saya batuk hebat. Menderita kan? Kalau sudah begitu, satu-satunya jalan saya harus segera menutup bagian tubuh tersebut kalau tidak mau batuk makin hebat. Kalau mandi harus selalu memakai air hangat, tidak peduli di siang hari, kalau tidak,  habis mandi saya akan terserang batuk.

Setelah sekian kali mengikuti yoga dan mengikuti dengan tekun pose-pose yang diberikan oleh sang guru, semua gejala alergi itu menghilang tanpa bekas. Tadinya saya tidak ngeh. Tapi kemudian saya sadar, lho… kok saya tidak butuh syal lagi? Kenapa saya tidak pernah merasa dingin lagi? Dan baju-baju tanpa lengan sama sekali tidak mengganggu lagi. Ternyata saya sudah bebas alergi dingin! *Yay!*

Dari sini saya bisa menyimpulkan apa yang dikatakan oleh guru yoga saya, bahwa manfaat yoga memang sangat banyak antara lain melancarkan peredaran darah, memperbaiki pencernaan yang terganggu, mengaktifkan semua kelenjar tubuh dan memaksimalkan fungsi-fungsi kelenjar tersebut. Juga mengoptimalkan self-healing tubuh kita.

Jadi, sangat tidak rugi menyisihkan waktu untuk mengikuti senam yoga, bukan? 😀

2 thoughts on “Power yang tambah besar dan alergi yang hilang (Yoga #7 & #8)

Leave a Reply

