Jangan buru-buru memuji

Beberapa teman di FB meragukan PP saya dan menanyakan kesahihannya. Beberapa di antaranya anak-anak sepantaran anak saya. Salah satunya bertanya agak mendetail sehingga terjadilah percakapan berikut.

+ Bu, PP ini foto kapan? Seperti umur duapuluhan. “ (Walah, lebay kamu, Nak. Ngasih diskon ngga tanggung2).

– “Oh, ya, ini memang foto seperempat abad yang lalu.” (Becanda)

+ “Ah, Ibu becanda, kalau foto lama pasti kelihatan fotonya jadul.”

– “Iya iya, maaf, ini foto bulan Maret lalu.”

+ “Ibu kelihatan cantik dan muda. Susah dipercaya kalau Ibu sudah punya anak gadis.”

– “Eh, jangan percaya sama PP. Foto ini sengaja dicakep-cakepkan supaya kelihatan cakep dan dimuda-mudakan supaya kelihatan muda.”

+ “Emang bisa?”

– “Bisalah, sekarang kan zaman udah canggih. Jadi, jangan dulu melontarkan pujian bertubi-tubi.”

+ “Masa bisa sih?”

– “Iya, pokoknya jangan percaya sama PP saya sebelum melihat orangnya langsung. Atau minimal mendengar dari orang yang sudah ketemu saya. Jangan sampai setelah kamu melihat aslinya, trus ngedumel dan misuh-misuh: ‘Uh, fotonya aja kelihatan cantik dan muda, aslinya… amit-amit!’

+ “Emang pake aplikasi apa, Bu?”

– (Berpikir sejenak) “Di Android banyak tuh ada program untuk itu.” (Menirukan ucapan seorang teman ketika saya menanyakan pertanyaan yang sama padanya).

+ “Oh, gitu. Trus, Ibu pake aplikasi yang mana supaya kelihatan muda begini?”

Mampus saya! Saya tak tahu satu pun nama aplikasi-aplikasi tersebut. HP saya tak berisi aplikasi apa pun, bahkan FB pun tidak. Saya berusaha tetap stay cool.

– “Saya lupa nama aplikasinya, coba nanti saya inget-inget dulu. Btw, sudah dulu, ya, Nak. Saya mau lanjut kerja lagi.” (Saya ingin segera mengakhiri percakapan sebelum saya kelihatan makin bodoh. Selain itu, saya memang beneran mau melanjutkan kerja).

– “Iya, Bu, selamat bekerja.”

– “Makasih.”

*****

Leave a Reply

